Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Show Video

Cara Membuat Komponen In-place Pada AutoCAD

Written By AdiN Lubis on Rabu, 18 Mei 2011 | 08.48

Perhatikan bahwa terdapat ruang terbuka diantara ceiling lantai dasar dan lantai satu. Anda akan menutupnya dengan membuat objek ceiling sendiri. Anda akan mengenal bagaimana membuat objek dengan menggunakan native 3D modeling. Objek jenis ini disebut in place component.
open area.jpg

Buat satu section melintang lagi seperti berikut.
section 02.jpg
Kita akan membutuhkannya untuk membuat sketch.
Aktifkan view ceiling plans:lantai dasar. Dari tab modeling, aktifkan tool create. Pilih kategori ceilings pada dialog yang muncul, klik OK.
family categories.jpg
Berikan nama ‘custom profile’ saat Revit menanyakan nama objek yang anda buat.
Pada design bar, pilih solid form>solid sweep. Anda akan masuk ke mode sweep.
Untuk memastikan anda bekerja pada bidang yang benar, klik set workplane… dari design bar. Pastikan pada bagian specify a new workplane yang aktif adalah name, dengan level: lantai satu aktif.
workplane.jpg
Aktifkan sketch 2D path. Ini akan mengaktifkan mode sketch. Buat sketch seperti pada gambar berikut. Ikuti bentuk ceiling yang anda buat sebelumnya. Mulailah menggambar dari kanan ke kiri, untuk memastikan garis hijau putus-putus pada path anda vertikal. Garis tersebut adalah workplane tempat anda menggambar profil ceiling anda.
path sketch.jpg
Klik dan tarik garis workplane tersebut ke depan garis potongan anda. Anda tidak akan dapat melihat profil yang anda buat jika workplane ada di belakang garis potongan. Klik finish path pada design bar. Anda akan kembali ke mode sweep.
Sekarang pada design bar, aktifkan sketch profile. Revit akan menawarkan pada anda untuk membuka view yang paralel dengan profil anda. Pilih section 2 yang baru anda buat. Klik open view.
Pada section view ini anda akan bekerja. Gunakan titik merah yang tampak sebagai titik acuan anda.
section sketch.jpg
Buatlah profil dengan bentuk kira-kira seperti berikut. Gunakan ukuran dan bentuk anda sendiri! Yang harus anda pastikan, profil ini menutupi lantai dan ceiling.
profile sketch.jpg
Setelah selesai, klik finish profile pada design bar. Klik finish sweep pada design bar. Klik finish family pada design bar.
Perhatikan bagaimana profil tersebut muncul pada section dan 3D view anda.
result.jpg
Buat satu profil lagi untuk menutup bagian yang ditunjukkan berikut ini. Gunakan cara yang sama dengan yang telah anda pelajari pada bagian ini.
second family.jpg

1 komentar:

jim mengatakan...

mksih2 mksihh sngt brmanfaat, oya ak mo ngsih sran gmn kl bkin postingan dr awal setting layers, bkin denah, cra bkin potongan, bkin kuda2, pondasi, tampak cra bkin etiket, smpe jadi cra ploting nya,, kn ksian bnyk yg msih bingung ^^ mksih

Posting Komentar