Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Show Video

Cara Membuat Tangga Pada AutoCAD

Written By AdiN Lubis on Rabu, 18 Mei 2011 | 08.44

Tangga dan railing di Revit sangat memudahkan anda. Anda cukup membuat sketch sederhana untuk membuat kedua objek ini. Revit akan secara otomatis menghitung berapa jumlah anak tangga yang dibutuhkan, berdasarkan tinggi level yang dihubungkan.
Anda akan membuat tangga dari lantai dasar ke lantai satu. Buka denah lantai dasar. Anda akan memulainya dari sana.

Aktifkan tab Modeling pada design bar. Aktifkan tool stair. Anda akan masuk ke mode sketch. Perhatikan bahwa mode sketch untuk tangga berbeda dengan mode sketch untuk lantai atau atap.
Sebelum mulai membuat tangga, kita akan membuat reference plane terlebih dahulu. Hal ini agar lebih tepat peletakkan tangganya.
Aktifkan ref plane dari design bar. Buat garis referensi seperti pada gambar berikut.
create plane.jpg
Buat garis referensi dengan ukuran sembarang, kemudian atur ukurannya dengan teknik yang telah anda pelajari.
Aktifkan run pada design bar.
Klik pada titik (1) yang ditunjukkan berikut. Jika anda tidak melihat tooltips intersection, tekan [s], [i] untuk mengaktifkan snap ke titik intersection. Gerakkan ke arah titik (2). Perhatikan bahwa Revit akan menyebutkan jumlah anak tangga yang anda buat sampai di pointer anda. Klik sampai di titik (2). Pada posisi ini, Revit akan mengatakan bahwa anda telah membuat 11 anak tangga, dan harus menambahkan 11 anak tangga lagi untuk sampai ke lantai satu.
stair location.jpg
Klik di titik (3) untuk melanjutkan tangga. Sampai ke titik (4). Seharusnya di titik ini, Revit akan menyatakan 22 risers created, 0 remaining.
create stair.jpg
Pada design bar, aktifkan railings type. Pilihlah ’900mm pipe’, klik OK. Klik finish sketch pada design bar.
Tangga anda sudah jadi. Sekarang buka denah lantai satu. Perhatikan bahwa lantai anda masih menutupi tangga. Edit lantai tersebut, potong sampai ke ujung tangga anda.
edit floor.jpg
Sekarang pastikan modify pada design bar aktif. Klik tangga untuk memilihnya. Pastikan anda memilih tangga, bukan objek lainnya.
Aktifkan move dari toolbar.
Pindahkan tangga 100 mm ke atas. Di Revit, anda dapat memindahkan objek dengan mudah, sama mudahnya dengan memindahkan geometri di aplikasi drafting!

0 komentar:

Posting Komentar